Halaman

Kamis, 20 Desember 2012

HIDROTERMAL

HIDROTERMAL

Sirkulasi hidrotermal 

Sirkulasi hidrotermal arti yang paling umum adalah sirkulasi air panas; 'hydros' dalam bahasa Yunani yang berarti air dan "'yang berarti panas termos. sirkulasi hidrotermal terjadi paling sering di sekitar sumber panas bumi di dalam lapisan kulit . Hal ini umumnya terjadi di dekat gunung berapi aktivitas, tetapi dapat terjadi di kerak dalam berhubungan dengan intrusi granit , atau sebagai hasil dari Orogeny atau metamorfosa .

Sirkulasi hidrotermal dasar lautan

Sirkulasi hidrotermal di lautan adalah bagian air melalui pertengahan punggungan-samudera sistem. Istilah ini mencakup sirkulasi dari terkenal, suhu tinggi ventilasi perairan dekat puncak bukit, dan menurunkan suhu banyak, baur aliran air melalui sedimen dan dimakamkan basalt lebih lanjut dari puncak-puncak punggungan. Jenis mantan sirkulasi kadang-kadang disebut "aktif", dan yang terakhir "pasif". Dalam kedua kasus prinsipnya adalah sama: tenggelam air laut dingin padat ke basal dari dasar laut dan dipanaskan di kedalaman itu lalu naik kembali ke antarmuka air-laut batu karena densitasnya lebih rendah. Sumber panas untuk ventilasi aktif adalah basal terbentuk baru, dan, untuk ventilasi temperatur tertinggi, yang mendasari magma . Sumber panas untuk ventilasi pasif adalah masih-pendingin basalt yang lebih tua. Studi aliran panas dari dasar laut menunjukkan bahwa basalt dalam kerak samudera mengambil jutaan tahun untuk sepenuhnya dingin karena mereka terus mendukung sistem sirkulasi hidrotermal pasif. 

Ventilasi hidrotermal adalah lokasi di dasar laut di mana cairan hidrotermal campuran ke dalam laut di atasnya. Mungkin yang paling dikenal adalah bentuk ventilasi cerobong disebut sebagai perokok hitam . sirkulasi hidrotermal ini tidak terbatas pada lingkungan punggungan laut. Sumber air untuk geyser dan sumber air panas dipanaskan airtanah convecting di bawah dan lateral air panas ventilasi. Hidrotermal sel konveksi beredar di mana saja ada anomali sumber panas, seperti mengganggu magma atau vulkanik ventilasi, datang ke dalam kontak dengan sistem air tanah. 

Hidrotermal juga mengacu pada transportasi dan sirkulasi air dalam lapisan kulit dalam, umumnya dari daerah batu panas ke daerah dingin batu. 

Penyebab konveksi hal ini dapat :
  • Intrusi magma ke kerak 
  • Radioaktif panas yang dihasilkan oleh massa didinginkan dari granit 
  • Panas dari mantel 
  • Hydraulic kepala dari pegunungan, misalnya, Great Artesian Cekungan 
  • Dewatering dari batuan metamorf yang membebaskan air 
  • Dewatering terkubur sedimen 
Sirkulasi hidrotermal, khususnya di lapisan kulit dalam, adalah penyebab utama dari mineral pembentukan deposit dan landasan teori yang paling di genesis bijih . 

Bijih Hidrotermal

Selama berbagai ahli geologi awal 1900-an bekerja untuk mengklasifikasikan bijih hidrotermal yang diasumsikan telah terbentuk dari larutan air mengalir ke atas. Waldemar Lindgren mengembangkan sebuah klasifikasi yang berdasarkan pada penurunan suhu diinterpretasikan dan kondisi tekanan dari fluida depositoistilah-Nya: hipothermal, mesothermal, epitermal dan teleothermal didasarkan pada penurunan suhu dan peningkatan jarak dari sumber yang mendalam. Hanya epitermal telah digunakan dalam karya-karya terbaru. John Guilbert's Redo 1985 dari yang sistem hidrotermal Lindgren untuk deposito adalah sebagai berikut: 

1. cairan hidrotermal, magmatik atau air meteorik
  • Porfiri tembaga dan deposito lainnya, 200 - 800 ° C, sedang tekanan 
  • Beku metamorf, 300 - 800 ° C, rendahnya - sedang tekanan 
  • menengah ke kedalaman dangkal 
  • Epitermal, dangkal untuk intermediate, 50-300 o C, tekanan rendah 
2. Beredar solusi meteorik dipanaskan
  • Mississippi Valley jenis deposito , 25-200 ° C, tekanan rendah 
  • US Barat uranium , 25-75 ° C, tekanan rendah 
3. Sirkulasi air laut dipanaskan
  • Kelautan ridge deposito , 25-300 ° C, tekanan rendah
Hidrotermal Sintesis 

Sebuah sintetis kuarsa kristal tumbuh dengan metode hidrotermal. Sintesis hidrotermal mencakup berbagai teknik kristalisasi zat dari suhu-tinggi solusi air di tinggi tekanan uap , juga disebut "metode hidrotermal". Istilah " hidrotermal "adalah geologi asal. geokimia dan mineralogists telah mempelajari hidrotermal kesetimbangan fase sejak awal abad kedua puluh. Morey George W. di Carnegie Institution dan kemudian, Percy W. Bridgman di Harvard University melakukan banyak pekerjaan untuk meletakkan dasar yang diperlukan untuk penahanan dari media reaktif pada suhu dan tekanan rentang di mana sebagian besar pekerjaan dilakukan hidrotermal. 

hidrotermal sintesis dapat didefinisikan sebagai metode sintesis kristal tunggal yang tergantung pada kelarutan dalam air panas mineral di bawah tekanan tinggi. pertumbuhan kristal dilakukan dalam suatu alat yang terdiri dari bejana baja disebut autoclave , di mana gizi yang diberikan bersama dengan air . Sebuah gradien temperatur dijaga pada sebaliknya ujung ruang pertumbuhan sehingga akhirnya membubarkan panas gizi dan akhir dingin menyebabkan pertumbuhan bibit untuk mengambil tambahan. 

Pada 1839, kimiawan Jerman Robert Bunsen yang terkandung dalam larutan air berdinding kaca tabung-tebal pada suhu di atas 200 ° C dan pada tekanan di atas 100 bar .  kristal dari barium karbonat dan strontium karbonat bahwa ia tumbuh dalam kondisi merek yang pertama menggunakan pelarut air hidrotermal sebagai media. Lainnya awal laporan pertumbuhan hidrotermal kristal yang oleh Schafhäult pada tahun 1845 dan oleh de Sénarmont pada tahun 1851, yang hanya diproduksi kristal mikroskopis Kemudian Spezzia G. (1905) laporan yang diterbitkan pada pertumbuhan kristal makroskopik. Dia menggunakan solusi dari natrium silikat , kristal alam sebagai benih dan pasokan, dan kapal berlapis perak.. Dengan pemanasan akhir pasokan kapal untuk 320-350 ° C, dan ujung yang lain ke 165-180 ° C, ia memperoleh sekitar 15 mm pertumbuhan baru selama 200 hari. Tidak seperti praktik modern, bagian panas kapal itu di bagian atas. Kontribusi terkenal lainnya yang telah dibuat oleh Nacken (1946), Hale (1948), Brown (1951), Walker (1950) dan Kohman (1955) 

Sejumlah besar senyawa yang termasuk hampir semua kelas telah disintesis dalam kondisi hidrotermal : elemen, sederhana dan kompleks oksida , tungstates , molybdates , karbonat, silikat dll sintesis germanates hidrotermal, umumnya digunakan untuk tumbuh sintetik kuarsa , permata dan kristal tunggal lainnya dengan nilai komersial. Beberapa kristal yang telah efisien tumbuh adalah zamrud , rubi , kuarsa, Alexandrite dan lain-lain. Metode ini telah terbukti sangat efisien baik dalam pencarian senyawa baru dengan sifat fisik tertentu dan dalam investigasi fisikokimia sistematis sistem multikomponen rumit pada temperatur tinggi dan tekanan. 
Peralatan untuk pertumbuhan kristal hidrotermal

















Autoclave untuk pertumbuhan kristal hidrotermal slab.
Keterangan Gambar : 1. Vessel, 2. Kapal, 2. Nutrient, 3. Gizi, 3. Lining, 7. Lapisan, 7. Seeds Benih

Kristalisasi kapal yang digunakan adalah otoklaf. Ini biasanya silinder berdinding tebal baja dengan seal kedap udara yang harus tahan suhu tinggi dan tekanan untuk periode waktu yang lamaSelanjutnya, bahan autoclave harus inert sehubungan dengan pelarut . penutupan adalah elemen yang paling penting dari autoclave tersebut. Banyak desain telah dikembangkan untuk segel, yang paling terkenal sebagai Bridgman segel Dalam kebanyakan kasus baja korosi solusi-digunakan dalam percobaan hidrotermal. Untuk mencegah korosi dari rongga internal autoclave itu, memasukkan pelindung umumnya digunakanHal ini dapat memiliki bentuk yang sama dari autoclave dan cocok rongga internal (masukkan kontak-jenis) atau menjadi "mengambang" menyisipkan jenis yang hanya menempati bagian dari interior autoclaveSisipan dapat dilakukan bebas karbon besi , tembaga , perak , emas , platinum , titanium , kaca (atau kuarsa ), atau Teflon , tergantung pada suhu dan larutan yang digunakan. 

Metode 
  •  Suhu-Metode Beda 
Metode yang paling banyak digunakan dalam sintesis hidrotermal dan kristal tumbuh. jenuh ini dilakukan dengan mengurangi suhu di zona pertumbuhan kristal. gizi ini ditempatkan di bagian bawah autoclave diisi dengan jumlah tertentu pelarut. autoclave yang dipanaskan untuk membuat dua zona suhu.Hara yang larut dalam zona panas dan larutan jenuh di bagian bawah diangkut ke bagian atas dengan gerakan konvektif dari solusi. Solusi yang lebih dingin dan lebih padat di bagian atas autoclave turun sementara counterflow larutan naik. Solusi menjadi jenuh di bagian atas akibat penurunan temperatur dan kristalisasi set masuk 
  • Teknik Suhu-Reduksi 
Dalam teknik kristalisasi terjadi tanpa gradien temperatur antara pertumbuhan dan zona pembubaran. jenuh ini dicapai dengan pengurangan bertahap dalam suhu solusi di autoclave tersebut. Kerugian dari teknik ini adalah kesulitan dalam mengontrol proses pertumbuhan dan memperkenalkan benih kristal. Karena alasan-alasan, teknik ini sangat jarang dipakai. 
  • Teknik metastabil-Phase 
Teknik ini didasarkan pada perbedaan kelarutan antara fase yang akan tumbuh dan yang menjabat sebagai bahan awal. hara terdiri dari senyawa yang tidak stabil termodinamika dalam kondisi pertumbuhanKelarutan fase metastabil melebihi dari fase stabil, dan mengkristal terakhir karena pembubaran fase metastabil. Teknik ini biasanya dikombinasikan dengan salah satu dari dua teknik lain di atas.

Lubang hidrotermal 

Sebuah lubang hidrotermal adalah celah di permukaan bumi ini dari yang geothermally panas air masalah. hidrotermal ventilasi biasanya ditemukan di dekat vulkanik tempat aktif, daerah di mana lempeng tektonik yang bergerak terpisah, laut wastafel, dan hotspot . 

Hidrotermal ventilasi secara lokal sangat umum karena bumi adalah baik secara geologis aktif dan memiliki sejumlah besar air permukaan dan dalam kerak. jenis tanah umum meliputi sumber air panas , fumarol dan geyser . Yang paling terkenal lubang hidrotermal sistem di darat mungkin dalam Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat . Di bawah laut, ventilasi hidrotermal dapat membentuk fitur yang disebut perokok hitam . 

Sehubungan dengan mayoritas dari laut dalam, wilayah sekitar ventilasi hidrotermal bawah laut secara biologis lebih produktif, 

sering hosting masyarakat kompleks dipicu oleh bahan kimia terlarut dalam cairan lubang. Chemosynthetic archaea bentuk dasar dari rantai makanan, mendukung organisme yang beragam, termasuk raksasa cacing tabung , kerang , limpets dan udang . 


Eksplorasi 

Pada tahun 1949, sebuah survei yang dilaporkan dalam air panas di bagian tengah Laut Merah . Kemudian bekerja di tahun 1960-an menegaskan adanya panas, 60 ° C (140 ° F), garam brines dan logam yang terkait Lumpur. Solusi panas itu berasal dari subseafloor aktif keretakan  . Ekosistem bawah laut sekitar ventilasi hidrotermal ditemukan di sepanjang Galapagos Rift, taji dari Pasifik Rise Timur , pada tahun 1977 oleh sekelompok ahli geologi laut yang dipimpin oleh Jack Corliss dari Oregon State University. Pada tahun 1979, ahli biologi kembali ke keretakan dan digunakan ALVIN , sebuah ONR penelitian  dari Woods Hole Oceanographic Institute , untuk melihat lubang hidrotermal masyarakat dengan mata mereka sendiri. Pada tahun yang sama, ilmuwan Petrus Lonsdale mempublikasikan karya ilmiah pertama tentang kehidupan lubang hidrotermal. Pada tahun 2005, Neptunus Resources NL, sebuah perusahaan eksplorasi mineral, diajukan dan diberikan 35.000 km ² hak eksplorasi atas Arc Kermadec di Selandia Baru s ' Zona Ekonomi Eksklusif untuk eksplorasi dasar laut deposito sulfida besar , sumber baru yang potensial dari timbal - seng - tembaga sulfida terbentuk dari lubang hidrotermal modern ladang. Penemuan lubang angin di Samudra Pasifik lepas pantai Kosta Rika , dinamakan lubang hidrotermal Medusa lapangan (setelah ular-berambut Medusa dari mitologi Yunani ), diumumkan pada bulan April 2007. 

Sifat-sifat fisik 

ventilasi hidrotermal di laut dalam bentuk biasanya sepanjang pegunungan Mid-laut , seperti Rise Pasifik Timur dan Mid-Atlantic Ridge . Ini adalah lokasi di mana dua lempeng tektonik yang divergen dan kerak baru sedang dibentuk. Air bahwa isu-isu dari ventilasi hidrotermal dasar laut terdiri sebagian besar air laut ditarik ke dalam sistem hidrotermal dekat dengan bangunan vulkanik dalam kegagalannya dan porous atau strata sedimen vulkanik, ditambah air magmatik dirilis oleh  magma . 

Dalam sistem hidrotermal darat sebagian air beredar dalam fumarol dan sistem geyser adalah air meteorik ditambah air tanah yang telah percolated ke dalam sistem termal dari permukaan, tetapi juga umumnya mengandung beberapa bagian dari perairan metamorf , sedimen formational brines dan magmatik air yang dirilis oleh magma. proporsi bervariasi dari lokasi ke lokasi. 

Air itu muncul dari sebuah lubang hidrotermal pada suhu berkisar sampai 300 ° C, dibandingkan dengan C 2 ° khas untuk air laut sekitar dalam. Tekanan tinggi pada kedalaman ini secara signifikan memperluas jangkauan termal di mana air tetap cair, sehingga air tidak mendidih. Air pada kedalaman 3.000 m dan suhu menjadi 407 ° C superkritis . Namun peningkatan salinitas air mendorong lebih dekat dengan yang titik kritis.

Beberapa ventilasi cerobong hidrotermal struktur bentuk silinder kasar. Ini bentuk dari mineral yang terlarut dalam cairan lubang. Ketika kontak air super-memanaskan air laut hampir membeku, endapan mineral keluar untuk membentuk partikel yang menambah ketinggian tumpukan. Beberapa struktur cerobong dapat mencapai ketinggian 60 m.  Salah satu contoh seperti lubang yang menjulang adalah "Godzilla", sebuah struktur di Samudera Pasifik dekat Oregon yang meningkat hingga 40 m sebelum terjatuh. 

Tahap awal sebuah lubang cerobong asap mulai dengan pengendapan mineral anhidrit . sulfida dari tembaga , besi dan seng kemudian presipitat dalam celah cerobong asap, sehingga kurang berpori selama waktu. vent pertumbuhan pada urutan 30 cm per hari telah direkam. struktur Cerobong yang memancarkan awan bahan hitam disebut " perokok hitam ", nama untuk warna gelap mereka memancarkan partikel. Para perokok hitam biasanya memancarkan partikel dengan tingkat tinggi mineral sulfur, atau sulfida. "Perokok White" merujuk ke lubang yang memancarkan mineral ringan-hued, seperti yang mengandung barium, kalsium, dan silikon. Ventilasi ini juga cenderung memiliki bulu suhu yang lebih rendah. 

Volcanic Hosted Massif Sulphide

Endapan VHMS

Endapan VHMS atau volcanic hosted  massif sulphide yang dikenal juga dengan nama endapan volcanic-associated, volcanic-hosted, dan volcano-sedimentary-hosted massive sulphide adalah endapan sulfida logam dasar yang terdapat di sekuen vulkanik submarin. Endapan bijih ini memiliki kadar sulfida sangat tinggi sampai mencapai 95% sulfida dari setiap endapan bijihnya. Endapan VHMS biasanya terjadi sebagai lensa polymetallic masif sulfida yang terbentuk pada atau dekat dasar laut di lingkungan vulkanik bawah laut. Endapan ini terbentuk dari cairan logam diperkaya terkait dengan konveksi hidrotermal dasar laut. Host endapan ini dapat berupa batuan vulkanik atau batuan sedimen. Endapan VHMS merupakan sumber utama Zn, Cu, Pb, Ag, dan Au, dan sumber yang signifikan untuk Co, Sn, Se, Mn, Cd, In, Bi, Te, Ga, dan Ge.

Endapan VHMS berada di, atau dekat,dasar laut melalui fokus pelepasan panas, larutan hidrotermal yang kaya logam. Untuk alasan ini, endapan VHMS diklasifikasikandi bawah klasifikasi umum dari endapan “Exhalative”, yang termasuk sedimen exhalative (SEDEX) dan endapan nikel (Eckstrand et al., 1995)

Kebanyakan endapan VHMS memiliki komponen sebagai berikut (Gambar 1). biasanya berbentuk gundukan sampai tabular, tubuh terdiri atas batas strata terutama kandungan sulfida yang besar (> 40%), kuarsa dan bagian bawahnya merupakan  phyllosilicates,dan mineral dan oksida besi serta silikat yang mengubah dinding-batu, serta terdapat white smoker dan black smoker.





Gambar 3. Diagram skematik TAG modern endapan sulfida di zona pemekaran samudera. Ini mewakili penampang klasik dari endapan VHMS, dengan semi-massif sampai massif sulfida lensa ditutupi oleh sistem urat stockwork dan berasosiasi dengan alterasi yang berasal dari pipa. Dari Hannington et al. (1998).

Tatanan Geologi & Tektonik

Endapan VHMS ini, berasosiasi dengan back arc rifting, pada tatanan busur vulkanik dan berasosiasi dengan pembentukan kaldera dan struktur di lingkungan submarin. Endapan VHMS ini, juga berasosiasi dengan pemekaran samudera aktif  pada back arc basin serta pegunungan api bawah laut, juga berperan dalam  pembentukan endapan VHMS.

Tatanan tektonik dan geologi  yang paling umum di antara semua jenis endapan VHMS adalah bahwa mereka terbentuk dalam  perpanjangan  tektonik dasar laut, termasuk didalamnya pemekaran lantai samudera  dan lingkungan busur (Gambar 2) (Herzig dan Hannington, 1995), tetapi endapan yang tercatat dalam geologi yang terbentuk terutama di busur samudera, busur  benua dan sistem back-arc (Franklin et al. 1998; Allen et al., 2002). Ini dikarenakan selama aktivitas tektonik  subduksi kebanyakan dari lantai samudera tua tersubduksi .

Proses Hidrotermal  VHMS

Endapan VHMS  berhubungan erat dengan kegiatan vulkanik bawah laut. Larutan hidrotermal yang berperan sangat dipengaruhi oleh fluida magmatis serta aliran air laut yang masuk ke dalam sistem hidrotermal. Fluida meteorik berasal dari air laut yang mempunyai karakter kimiawi tertentu dengan komposisi tinggi kadar klorida dan sulfat. Karena merupakan percampuran antara fluida magmatis dan air laut mengakibatkan fluida mineralisasi mempunyai salinitas tinggi (umumnya 5-20 wt%NaCl eq.) dengan tingginya kadar sulfida & sulfat

Tahapan-tahapan mineralisasi endapan VHMS sebagai berikut :

  1. Air laut meresap melalui rekahan yang terbentuk di lantai samudera
  2. Fluida tersebut dipanaskan oleh batuan bagian dalam yang melebur pada kerak samudera sampai ketinggian temperatur setinggi 400°C
  3. Fluida yang panas perlahan naik ke permukaan
  4. Lalu memancar ke permukaan dan terbentuklah black smoker



Gambar 4 & 5. Menggambarkan proses sistem hidrotermal yang terjadi di bawah laut yang menghasilkan endapan VHMS

Proses urat hidrotermal ini menghasilkan 2 tipe proses geologi, yaitu black smoker dan white smoker.

Perbedaan antara black smoker dan white smoker :
  •  Pada black smoker :
  1. mempunyai suhu lebih dari 360 0C
  2. endapan mineral yang dihasilkan, yaitu pirit (FeS2), kalkopirit (CuFeS2), anhidrit (CaSO4)
  3. mineral yang dihasilkan yaitu mineral sulfida
  • Pada white smoker:
  1. memiliki suhu antara 260-300 0C.
  2. endapan mineral yang dihasilkan yaitu pirit (FeS2) dan sphalerit (ZnS).
  3. kaya akan zinc
  4. lebih dalam berada pada pinggir sekuen vulkanik submarin
Tipe-tipe Endapan VHMS

Terdapat tipe-tipe endapan VHMS di dunia ini berdasarkan pada litologi footwall dan sistem geotektonik :
  1. Cyprus type : berhubungan dengan tholeiitic batuan basalt dalam sekuen ofiolit(back arc spreading ridge), e.g. Troodos Massif (Siprus).
  2. Besshi-type : berasosiasi dengan lempeng vulkanik dan turbidit kontinental, e.g. Sanbagwa (Jepang).
  3. Kuroko-type : berasosiasi dengan batuan vulkanik felsik terutama kubah rhyolite (back arc rifting), e.g. Kuroko deposits (Jepang).
  4. Primitive-type : berasosiasi dengan differensiasi magma, e.g Canadian Archean rocks.

Karakteristik setiap tipe endapan ditunjukkan pada tabel 1.

Tabel 1. Tipe endapan Vulkanik Hosted Massif Sulphide – terminologi konvensional (dimodifikasi dari Hutchinson, 1980)

Mineralogi ubahan & Urat 

Mineral ubahan dan tekstur yang terdapat di urat, adalah sebagai berikut :
1. Mineral sulfida dominan : pirit, pirhotit, markasit, arsenopirit,kalkopirit, sfalerit, galena
2. Mineral sulfat : barit, anhidrit
3. Mineral lempung : smektit, illit, serisit (temperatur meningkat)
4. lain-lain : kuarsa, klorit, albit; zeolit terbentuk pada bagian yang lebih dingin
5. Tekstur: tekstur-tekstur yang mencirikan akumulasi, pertumbuhan (growth) dan pengendapan (deposition) merupakan penciri endapan VHMS. Contoh : pirit bertekstur koloform, growth-zoned sphalerite, perlapisan sulfida (clastic bedding & banding) di endapan Kuroko maupun endapan VHMS lain yang tidak terdeformasi.

mineralisasi Fe dan Fe-Cu bertekstur stockwork yang berkembang dibagian footwall (dari endapan VHMS) sama halnya dengan mineralisasi epitermal dimana proses pendidihan dari fluida hidrotermal merupakan proses pembentukan mineral yang penting.

Zonasi Alterasi/Ubahan Endapan VHMS
Gambar 6. Penampang endapan Kuroko (Shirozo,1974;Urabe dkk, 1983, dikutip dari Kingstone & Morrison, 1997)

Zone 1 : smektit, zeolit, barit, oksida besi, silika

zone 2 : smektit – illit, barit, anhidrit, kuarsa,klorit

zone 3 : serisit – illit, barit, albit, klorit, anhidrit (epidot), kuarsa

Meskipun Endapan VHMS  memiliki berbagai bentuk, namun endapan ini mempunyai pola yang konsisten dalam hal zonasi logam, tekstur bijih maupun ubahan (gambar 6).

Penyebaran logam yang radial (dari bagian dalam) yaitu: zone Fe-rich (kondisi lebih panas) berturut-turut kemudian zone Fe-Cu, Cu-Pb-Zn, hingga zone  Pb-Zn- Ba dibagian luar dan lebih dingin.

Emas pada VHMS hadir berasosiasi dengan mineral lain, dibagian yang berbeda pula dari endapan ini.

- dibagian barit (atas) : berupa elektrum

- di lensa-lensa bagian tengah dan atas : berupa inklusidalam arsenopirit dan berasosiasi dengan sfalerit

- dibagian bawah, emas hadir berupa elektrum atau tellurid, berasosiasi dengan kalkopirit dan/tanpa pirit (Huston, et al.1992).

Pola ubahan : umumnya terdeformasi, termetamorfosis lemah, kecuali endapan tipe Kuroko

- outer zones : zeolit, smektit, silika (kristobalit)

-  inner zone : interlayered illite-smectite, klorit, kuarsa, illite, albit, anhidrit

-  inner footwall : serisit (temperatur lebih tinggi); epidot dan fuchsite dapat terbentuk pada kondisi ini dengan catatan batuannya basaltik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar